Mahasiswa KKN UIN Walisongo Semarang Belajar Kunci Sukses UMKM di Desa Kumpulrejo

dilamedia.com, Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) MIT Posko 136 Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang, melakukan kunjungan ke salah satu Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Desa Kumpulrejo, Kecamatan Patebon, Kabupaten Kendal, pada hari Jumat (02/08/2024).

KKN posko 136 merupakan bimbingan dari Dr. Muhammad Kudhori M.Th.I., yang beranggotakan yang beranggotakan M. Syihabuddin Ibnu Achmad Dewi, Diana Nur Fatimah, Endiana Silviani, M. Khafid Maulana, Putri, Mustofa Solehudin, Umi Zahro, Safeta Weyla Samti Ardhania, Muhamad Agil Dalla dari Prodi Hukum Keluarga Islam. Novi Yuliati, Maulia Aryani Rofiqoh dari Prodi Pendidikan Agama Islam. Intan Permata Agustina Intan Salsabila, Faiza Izzata Aulia dari Prodi Akidah dan Filsafat Islam. Serta Nur Amalia, Sandya Kliana Kurnia Dewi dari Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah.

Pada saat melakukan kunjungan, mahasiswa KKN Posko 136 UIN Walisongo Semarang mengunjungi UMKM yang memproduksi tempe rumahan milik Mutoharoh dan makanan Cromboloni milik adiknya.

Mutoharoh, selaku pemilik usaha menyampaikan bahwa usaha miliknya ini dirintis sejak tahun 2004. Selama kurang lebih 20 tahun beroperasi, usaha ini mengalami berbagai kendala, termasuk kegagalan dalam produksi yang terkadang menghambat perkembangan.

“Kami telah belajar banyak dari kegagalan, dan itu membuat kami lebih kuat dan berpengalaman,” katanya.

Mutoharoh, selaku perintis dan pemilik usaha juga menjelaskan proses pembuatan tempe yang harus dilakukan.

“Mulai dari merebus kedelai, mendinginkan kedelai, merendam kedelai selama kurang lebih dua jam, memberi ragi sesuai takaran 2 sendok untuk 10 kilogram kedelai, pengemasan, dan menunggu proses fermentasi berlangsung selama dua malam sebelum tempe siap dijual,” jelas Mutoharoh.

Penanggung jawab kegiatan, Intan Permata berharap kunjungan ini menjadi awal yang baik untuk menambah pengalaman dan wawasan.

“Kami sangat mengapresiasi kesempatan ini. kami dapat belajar langsung dari pelaku usaha yang telah berjuang dari nol hingga sukses. Pengalaman nyata seperti ini sangat berharga bagi saya dan teman-teman,” ujar Intan.

“Kunjungan ini memberikan banyak pelajaran bagi kami. Selain kemauan, kita juga belajar pentingnya inovasi dan adaptasi dalam menghadapi berbagai tantangan yang mungkin muncul dalam menjalankan usaha,” kata anggota KKN lainnya.

Dari kunjungan yang dilakukan oleh mahasiswa KKN posko 136 UIN Walisongo Semarang ini, kita dapat belajar bahwa kesuksesan tidak datang dengan mudah, tetapi melalui kerja keras, ketekunan, dan kemampuan untuk belajar dari kegagalan.

Kontributor : Fadia Nur Amalia
Editor : Naf’iyatul Muflihah Annasihah

Post a Comment

Berikan Komentar Anda

Previous Post Next Post