Mahasiswa KKN Kelompok 26 UMBY Adakan Lomba Cerdas Cermat dan Mewarnai di SD Negeri Jasem

dilamedia.com, Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) kelompok 26 Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) mengadakan lomba cerdas cermat dan lomba mewarnai di SD Negeri Jasem, Desa Pacarejo, Kecamatan Semanu, Kabupaten Gunung Kidul, pada Selasa, 06 Agustus 2024.

Penanggug jawab kegiatan, Nabilah Hasyyati Winda Pratiwi mengatakan lomba cerdas cermat tersebut diperuntukkan bagi siswa kelas IV hingga kelas VI SD, sedangkan lomba mewarnai diperuntukkan bagi siswa kelas I hingga kelas III. Lomba tersebut bertujuan untuk merangsang perkembangan mental anak.

“Lomba cerdas cermat dan lomba mewarnai merupakan kegiatan yang sering diadakan di sekolah - sekolah sebagai bagian upaya untuk mengembangkan potensi anak-anak. Keduanya memiliki tujuan yang sama, yaitu untuk merangsang perkembangan mental dan kreativitas pada anak-anak,” terang Nabilah.

“Dalam kegiatan tim KKN kelompok 26 terbagi menjadi 2 tim. Tim pertama terdiri dari 5 orang yaitu Nabilah, Deswita, Aira, Hendrik, Anton pada lomba mewarnai. Tim kedua terdiri dari 4 orang yaitu Malta, Nida, Arfi, Rizki pada lomba cerdas cermat,” jelasnya lagi.

Disebutkannya, lomba cerdas cermat dirancang untuk menguji pengetahuan siswa dalam berbagai mata pelajaran, seperti Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), Pendidikan Kewarganegaraan (PKN), Bahasa Indonesia, Bahasa Jawa, dan Matematika. Setiap peserta menjawab pertanyaan yang diberikan oleh kakak-kakak KKN.

Sistem yang digunakan yaitu sistem eliminasi, karena cerdas cermat yang diselenggarakan bersifat individu.

Salah satu peserta siswa kelas V yang bernama Nova Surya Pratama, mengungkapkan kebahagiaannya bisa ikut serta dalam lomba ini.

“Saya senang kak bisa ikut lomba ini, seru dan menantang. Saya jadi lebih semangat untuk belajar” Ujarnya dengan senyum lebar.

Selain lomba cerdas cermat, mahasiswa KKN kelompok 26 juga mengadakan lomba mewarnai.

Aira Nidya Kumala, salah satu anggota KKN yang bertanggung jawab pada kegiatan lomba mewarnai menyampaikan, bahwa mewarnai ini tidak hanya bertujuan untuk mengembangkan keterampilan seni para siswa, tetapi juga untuk melatih kesabaran, ketelitian, dan kemampuan untuk berkonsentrasi.

“Dalam kegiatan ini para peserta diberikan gambar yang telah disediakan oleh tim KKN, kemudian mereka diberi kebebasan untuk mengekspresikan kreativitas mereka dalam mewarnai gambar tersebut,” terang Aira.

Dyah Tandu Eko M., S.Pd.SD., selaku kepala sekolah SD Negeri Jasem menyampaikan terimakasihnya kepada mahasiswa KKN kelompok 26 UMBY.

“Kami sangat berterima kasih pada KKN kelompok 26 yang telah mengadakan kegiatan lomba mewarnai, dengan adanya kegiatan ini kami jadi mengetahui keterampilan siswa yang bisa diajukan untuk mengikuti kegiatan lomba-lomba diluar sekolah,” kata Dyah.

Diharapkan para siswa SD Negeri Jasem tidak hanya mendapatkan pengalaman yang menyenangkan, tetapi juga termotivasi untuk terus belajar dan mengembangkan diri.

Kontributor : Nabilah Hasyyati Winda Pratiwi
Editor : Naf’iyatul Muflihah Annasihah

Post a Comment

Berikan Komentar Anda

Previous Post Next Post