Mahasiswa KKN 44 UMBY Beri Sosialisasi Desa Sehat Tanpa Nyamuk di Padukuhan Sendang

dilamedia.com, Penyakit yang ditularkan oleh nyamuk masih menjadi masalah utama di Indonesia, khususnya di daerah pedesaan. Beragam penyakit seperti demam berdarah, malaria, bahkan penyakit kaki gajah kerap menjadi ancaman bagi masyarakat.

Permasalahan tersebut mendorong Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) kelompok 44 Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) yang diketuai oleh Aditya Sunny untuk melakukan sosialisasi di Padukuhan Sendang, Kalurahan Dadapayu, Kapanewon Semanu, Gunung Kidul pada Rabu (07/08/2024).

Aditya selaku ketua kelompok menjelaskan bahwa “Program kerja ini dikembangkan berdasarkan survei yang dilakukan oleh kelompok kami, di Padukuhan Sendang banyak sekali dijumpai nyamuk yang dapat memicu beberapa kasus penyakit seperti Demam Berdarah (DBD), yang tentunya sangat meresahkan masyarakat”.

Program kerja yang dirancang oleh Audi Dwita Ikhsan, Tiara Putri Defian, Anggun Fitriani, dan Zandy Andira untuk membantu masyarakat sendang dalam upaya mengusir nyamuk untuk mengurangi penyebaran penyakit yang bisa disebabkan oleh nyamuk.

“Karena penyebaran nyamuk yang semakin meluas, kelompok kami membuat program kerja untuk membantu masyarakat Sendang mengatasi masalah penyebaran nyamuk menggunakan bahan alami serai”, ujar Zandy Andira selaku koordinator.

Program kerja ini ditujukan kepada ibu-ibu di padukuhan Sendang ini diikuti oleh 50 peserta untuk diberikan sosialisasi tentang bagaimana nyamuk bisa berkembang biak, penyakit apa saja yang ditularkan oleh nyamuk, bagaimana cara pencegahan penyebaran nyamuk, dan bagaimana cara membuat spray anti nyamuk yang terbuat dari bahan alami seperti serai.

Para peserta sangat antusias dan semangat selama kegiatan, seperti halnya yang disampaikan Lina.

“Saya sangat terbantu dengan sosialisasi ini karena baru tahu kalo serai itu bisa menjadi bahan alternatif untuk mengusir nyamuk”, ujar Lina.

Dosen Pembimbing Lapangan kelompok 44 UMBY, Rahma Novita Alim Putri, S.Sos., M.A., berharap sosialisasi yang dilakukan dapat bermanfaat.

“Dengan adanya program kerja ini, semoga dapat membantu masyarakat Sendang dalam mengatasi perkembangbiakan nyamuk dengan memanfaatkan bahan alami yang tersedia dimana-mana”, ujar Rahma.

“Semoga menjadi Langkah awal bagi masyarakat sendang untuk bisa mewujudkan desa yang sehat tanpa nyamuk, sesuai dengan tema program kerja ini”, tutup Rahma.

Kontributor : Anggun Fitriani
Editor : Naf’iyatul Muflihah Annasihah

Post a Comment

Berikan Komentar Anda

Previous Post Next Post