Mahasiswa KKN 26 UMBY Beri Pelatihan Strategi Pemasaran pada UMKM KWT Jasem Kidul

dilamedia.com, Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) kelompok 26 Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY), memberikan pelatihan 3P (Produksi, Pengemasan, dan Pemasaran) bersama Kelompok Wanita Tani (KWT) Sumber Rejeki di Dusun Jasem Kidul, pada hari Senin (05/08/2024).

KKN kelompok 26 UMBY merupakan bimbingan dari Mutaqin Akbar, S.Kom., M.T., MCE., MCF., yang beranggotakan Nabilah Hasyyati Winda Pratiwi (Akuntansi), Deswita Syaputri (Ilmu Komunikasi), Aira Nidya Kumala (Psikologi), Hendrik Maulana (Agroteknologi), Antonyo Almase Gasi Hali (Akuntansi), Malta Grace Laksono (Psikologi), Nida Nur Aini Aryanti (Sistem Informasi), Arfi Desvita Mardani (Manajemen), Rizki Subagyo (Agroteknologi), dengan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), Mutaqin Akbar, S.Kom., M.T., MCE., MCF.

Kegiatan yang diisi oleh mahasiswa dari kelompok 26 KKN UMBY ini, dilaksanakan di Desa Pacarejo, Kecamatan Semanu, Kabupaten Gunung Kidul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

Materi yang disampaikan mencakup berbagai aspek penting, mulai dari pemanfaatan Tiktok sebagai alat pemasaran digital, peran strategis pengemasan produk, serta desain stiker dan logo.

Penanggung jawab kegiatan, Deswita Syaputri, menyoroti potensi besar Tiktok sebagai alat pemasaran yang efektif.

“Tiktok bukan sekedar tempat berbagi video, tapi juga menjadi platform yang dapat membantu Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) untuk tumbuh melalui pemasaran digital,” ungkap Deswita.

Selain pemasaran, Deswita juga menekankan pentingnya kemasan produk untuk menarik konsumen.

“Desain kemasan yang menarik dapat membantu produk Anda lebih menonjol di pasar yang kompetitif,” kata Deswita.

“Selain efisiensi waktu, dengan menggunakan label yang jelas maka hasil olahan KWT Sumber Rezeki ini lebih mudah dikenali sehingga dapat tersebar lebih luas menarik minat calon konsumen untuk membeli produk yang diproduksi,” imbuhnya.

Deswita berharap, bahwa setelah pelatihan dilakukan nantinya produk KWT lebih dikenal secara luas.

"Adapun harapan kami setelah pembuatan stiker dan pelatihan untuk pemasaran produk dengan strategi yang diberikan nantinya dapat membuat produk KWT lebih dikenal masyarakat dan laku di pasaran", kata Deswita.

Kepala dukuh Dusun Jasem Kidul, Windri Riyani, merasa terbantu dan menyampaikan rasa terimakasih kepada mahasiswa KKN kelompok 26 UMBY.

“Terimakasih banyak atas pelatihan yang diberikan, para anggota KWT Sumber Rejeki merasa sangat terbantu atas adanya pembuatan label dan stiker baru yang diberikan,” kata Windri.

Kontributor : Deswita Syaputri
Editor : Naf’iyatul Muflihah Annasihah

Post a Comment

Berikan Komentar Anda

Previous Post Next Post