KKN 70 UMBY Beri Sosialisasi Produktivitas Ternak di Dusun Banombo A

dilamedia.com, mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kelompok 70 dari Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) melaksanakan program kerja bertajuk "Pendekatan Terpadu untuk Produktivitas Ternak: Pakan dan Sanitasi" pada hari Jum’at (02/08/2024).

Kegiatan yang berlangsung di Dusun Banombo A, Desa Pucanganom, Kecamatan Rongkop, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta ini diikuti seluruh warga RT 03 dan RT 04.

KKN Kelompok 70 UMBY bimbingan dari Nanda Yunika Wulandari, M. Psi, Psikolog., ini beranggotakan 10 mahasiswa dari berbagai program studi, yaitu I Putu Bagus Wira Sukmana, Muhamad Khumaedi, Haidar Naufal Afif, Sugih Nuryanto, Nike Aditia Pratiwi, Rehulina Putri Depari, Euodia Briggita, Jesika Awinta Nainggolan, Windy Chrystananta, Misella Yantika Putri Juniasih.

Haidar Naufal Afif selaku ketua penanggung jawab program kerja, menyampaikan bahwa pendekatan terpadu untuk produktivitas ternak ini dirasa penting karena memiliki banyak manfaat.

“Tujuan utama dari program ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan peternak dalam mengelola ternak mereka secara lebih efisien dan berkelanjutan, terutama di tengah tantangan musim kemarau yang berkepanjangan,” jelas Haidar.

“Salah satu fokus utama adalah memperkenalkan metode pengolahan pakan melalui teknik fermentasi untuk mengatasi kekurangan pakan hijauan. Selain itu, dalam kegiatan ini juga diajarkan menngenai pentingnya menjaga kebersihan kandang atau sanitasi yang baik, sehingga dapat mengurangi bau dan meningkatkan produktivitas ternak,” terangnya lagi.

Warga masyarakat Banombo A terlihat sangat antusiasme dan semangat selama mengikuti soasialasi.

Salah satu warga Dusun RT 03, Gunawan, menyampaikan bahwa sosialisasi yang dilakukan mahasiswa KKN UMBY sangat membantu sekali.

“Kegiatan ini sangat membantu kami, terutama dalam menghadapi tantangan musim kemarau. Dengan adanya teknik fermentasi pakan, kami tidak perlu khawatir lagi kehabisan pakan hijauan. Selain itu, sanitasi kandang yang baik juga membuat ternak kami lebih sehat," kata Gunawan.

Suraji warga dusun RT 04 menambahkan, bahwa sosialisasi yang diberikan membuka wawasan mengenai pentingnya kebersihan kandang.

“Kami baru menyadari bahwa menjaga sanitasi tidak hanya mengurangi bau, tetapi juga mencegah penyakit. Dengan demikian, ternak kami menjadi lebih produktif," kata Suraji.

Kontributor: Haidar Naufal Afif, Misella Yantika Putri Juniasih, Nike Aditia Pratiwi
Editor: Naf’iyatul Muflihah Annasihah

Post a Comment

Berikan Komentar Anda

Previous Post Next Post