KKN 67 UMBY Dampingi UMKM Pucanganom Buat NIB dan Sertifikasi Halal

dilamedia.com, Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kelompok 67 Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY), sukses mengadakan acara pendampinganpembuatan Nomor Induk Berusaha (NIB) dan sertifikasi halal pada para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Dusun Pucanganom B, pada hari Kamis (08/08/2024).

KKN Kelompok 67 UMBY merupakan bimbingan dari Thibburruhany, S.Sos., M.Sos., yang beranggotakan Dea Wulandari (Psikologi), Dwista Meiyana(Manajemen), Haura Hanan M (Psikologi), Anisa Kawi (Akuntansi), Akhmad Juliansa (Ilmu Komunikasi), Anggy G. (Psikologi), Azzahra Arvi (Psikologi), Lina Febiyana (Akuntansi), Aviela Putri (Psikologi), Devan Wijdan Alif (Manajemen), Agus Salim (Informatika), Kevin (Informatika).

Kegiatan ini dihadiri seluruh warga khususnya para pelaku UMKM di Dusun Pucanganom B, Kelurahan Pucanganom, Kecamatan Rongkop, KabupatenGunungkidul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

Penanggung jawab kegiatan, Dwista Meiyana, menyampaikan bahwa pendampingan ini dibuat sebagai salah satu upaya untuk mendukung perkembanganUMKM yang sehat dan berkelanjutan.

“Selain bertujuan untuk memberikan jaminan kehalalan terhadap suatu produk. Pendampingan ini juga dilakukan untuk meningkatkan legalitas, dayasaing produk, dan memperkuat sektor UMKM setempat,” jelas Deswita.

Senada dengan Dwista, Anisa Kawi, menyampaikan bahwa langkah yang dilakukan juga sejalan dengan semangat pembangunan berkelanjutan yang tidakhanya memperhatikan aspek ekonomi, tetapi juga sosial dan lingkungan.

“Pendampingan pembuatan NIB dan sertifikasi halal merupakan kontribusi nyata untuk memperkuat sektor UMKM lokal, yang pada gilirannyamendukung kesejahteraan masyarakat secara menyeluruh,” kata Anisa.

Proses pendampingan dimulai dengan pendataan dan pembuatan NIB, kemudian dilakukan pengisian formulir pendaftaran sertifikat halal,dilanjutkan dengan pengumpulan dokumen dan persyaratan yang diperlukan oleh pelaku UMKM seperti dokumen identitas, izin usaha, dan dokumen lainnya.

Antusiasme yang terlihat dari para pelaku UMKM di Dusun Pucanganom B terhadap program ini, sangat menggembirakan selama pelatihan.

Suharti, salah seorang peserta kegiatan mengungkapkan rasa senangnya terhadap program ini.

“Saya sangat senang dengan program kerja yang diadakan oleh mahasiswa KKN ini karena saya ingin memperluas pasar dan sertifikasi halal inisangat penting bagi produk saya,” ucap Suharti.

Begitu juga dengan Suwati, yang merasa program ini sangat bermanfaat baginya.

“Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi saya karena saya berencana untuk mengembangkan usaha saya dan dengan adanya kegiatan ini saya jadi tahubagaimana cara mendapatkan NIB dan sertifikasi halal dengan mudah,” kata Suwanti.

Kegiatan juga mendapatkan respon positif dari Bekti Arviansyah, selaku tim dari pendamping produk halal.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada mahasiswa KKN UMBY yang telah mengadakan kegiatan ini. Dengan adanya kegiatan ini, saya dapat membantupelaku UMKM di daerah-daerah pelosok yang belum memiliki sertifikasi halal serta Nomor Induk Berusaha (NIB), saya harap dengan adanya program ini dapat menjadi motivasi bagi pelaku UMKM lainnya yang belum memiliki sertifikat halal dan NIB,” tutur Bekti.

Kontributor : Tim KKN Kelompok 67 UMBY
Editor : Naf’iyatul Muflihah Annasihah

Post a Comment

Berikan Komentar Anda

Previous Post Next Post