KKN 44 UMBY Sosialisasikan Strategi Pemasaran Produk Lokal

dilamedia.com, Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) kelompok 44 Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY), sukses menggelar sosialisasi bertema “Pengembangan Pangan Lokal dan Sosialisasi Strategi Pemasaran Produk Hasil Komoditas Lokal (Keripik Jagung)”.

Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Minggu (04/08/2024), di balai padukuhan di Padukuhan Sendang, Kalurahan Dadapayu, Kapanewon Semanu, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Aditya Sunny, selaku ketua KKN kelompok 44 UMBY menyampaikan, bahwa rata-rata hasil panen akan dijual langsung tanpa adanya pengolahan untuk meningkatkan harga jual.

“Kegiatan ini kami rancang dengan berbagai pertimbangan, salah satunya yaitu komoditas jagung yang melimpah di Dusun Sendang, namun memiliki harga jual rendah karena tidak diolah terlebih dahulu,” kata Aditya.

Kegiatan ini diawali dengan sesi pembukaan dan pengenalan anggota, selanjutnya sesi pemaparan materi oleh Diana Sinta Risa Anjani dan Dewi Fatikasari mengenai strategi pemasaran, kemudian dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh Silmiy Zulaikhah perkembangan pangan lokal dan diakhiri dengan peragaan pembuatan keripik jagung.

Diana Sinta Risa Anjani, selaku penanggung jawab program menyampaikan bahwa pengolahan jagung menjadi keripik memiliki potensi besar untuk meningkatkan pendapatan masyarakat Padukuhan Sendang.

“Jagung sebagai salah satu komoditas lokal yang melimpah di daerah ini belum dimanfaatkan secara optimal. Pengolahan jagung menjadi suatu produk pangan tentunya akan meningkatkan nilai jual, dimana nilai jual produk akan lebih tinggi dibandingkan dengan nilai jual bahan pangan segar,” terang Diana.

Senada dengan Diana, Silmiy Zulaikhah menambahkan bahwa kegiatan yang dilakukan selain untuk membangun motivasi juga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat.

“Dengan memberikan pengetahuan dan keterampilan dalam mengolah jagung menjadi menjadi produk yang bernilai tambah serta strategi pemasaran yang efektif, diharapkan dapat meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat setempat,” kata Silmiy.

Sarmiyem, salah satu peserta menyampaikan kegembiraannya dan merasa terbantu dengan program kerja yang dilakukan mahasiswa KKN UMBY.

“Saya sangat senang bisa ikut serta dalam kegiatan ini. Hal Ini menjadi pengalaman baru bagi saya, di mana saya bisa belajar lebih banyak tentang pengolahan produk lokal dan bagaimana cara memasarkannya,” ujar Sarmiyem.

Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) mahasiswa KKN Kelompok 44 UMBY, Rahma Novita Alim Putri, S.Sos., M.A., juga sangat mendukung kegiatan yang dilakukan mahasiswa bimbingannya.

“Saya berharap, dengan pelatihan yang telah diberikan, nantinya dapat mendorong penduduk setempat untuk mengolah dan memasarkan produk hasil komoditas lokal sehingga dapat meningkatkan taraf perekonomian,” ungkap Rahma.

Kontributor : Anggun Fitriani
Editor : Naf’iyatul Muflihah Annasihah

Post a Comment

Berikan Komentar Anda

Previous Post Next Post