KKN 19 UMBY Beri Edukasi Kesehatan Mental Pada Remaja di Dusun Serpeng Wetan

dilamedia.com, Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) kelompok 19 Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) sukses melaksanakan program psikoedukasi pada hari Minggu (28/07/2024) di Dusun Serpeng Wetan, Kelurahan Pacarejo, Kecamatan Semanu, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta.

KKN kelompok 19 UMBY bimbingan dari Nanang Khuzaini, S.Pd.Si., M.Pd., MCE., ini beranggotakan 10 orang yaitu Ni Nyoman Sari Ayu, Denisa Ayu Betsheba Rumahorbo, Marco Hendrianto, Syifa Nuraulia, Tsaniya Agustine Tahtadiy Winnata, Reka Adrian, Daris Randa Harahap, Retno Komalasari, Muhamad Ibnu Fahrizal Yunus dan Yosefanny Ester Baghi.

Ketua KKN kelompok 19 UMBY, Ni Nyoman Sari Ayu, menyampaikan bahwa kegiatan psikoedukasi ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan terkait kesehatan mental terutama pada remaja.

“Sosialisasi ini menjadi salah satu upaya untuk memberikan edukasi pada remaja terkait cara mengatasi stress, depresi dan menjaga kesehatan mental,” jelas Ni Nyoman Sari Ayu.

Kegiatan sosialisasi dipandu oleh Fanny Baghi, sedangkan materi sosialisasi disampaikan oleh oleh Denisa Ayu dan Daris Randa Harahap.

Saat pemaparan materi, Denisa dan Ayu mengenalkan apa itu mental health, contoh gangguan, contoh karakteristik pribadi yang sehat mental, faktor-faktor yang mempengaruhi mental health, tanda-tanda gangguan dan upaya meningkatkan mental health beserta peran dukungan sosial.

Nadia selaku ketua kelompok remaja Serpeng Wetan, juga memberikan respon positif terhadap kegiatan ini.

“Saya selaku ketua kelompok remaja Serpeng Wetan mengucapkan terimakasih kepada mahasiswa KKN UMBY, dengan adanya kegiatan ini saya dan anggota kelompok remaja lainnya mendapatkan ilmu yang luar biasa berguna” ucap Nadia.

Denisa Ayu, selaku koordinator program, berharap kegiatan ini dapat memberikan dampak positif bagi para remaja.

“Kami sangat berharap bahwa melalui program ini, para remaja bisa lebih membuka mata dalam memahami pentingnya kesehatan mental dan bagaimana cara menjaga serta meningkatkan kesejahteraan psikologis mereka,” ujar Ayu.

Upaya yang dilakukan oleh KKN Kelompok 19 UMBY di Serpeng Wetan, merupakan contoh nyata bagaimana pendidikan dan praktik lapangan dapat memiliki dampak positif dalam pemberdayaan masyarakat.

Kontributor : Tim KKN Kelompok 19 UMBY
Editor : Haya Azzura Rasya

Post a Comment

Berikan Komentar Anda

Previous Post Next Post