Giat Kerja Mahasiswa KKN 26 UISI di Desa Munggugianti

dilamedia.com, Sebagai bentuk kepedulian kepada masyarakat desa, mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) kelompok 26 Universitas Internasional Semen Indonesia (UISI) yang ditempatkan di Desa Munggugianti, Kecamatan Benjeng, Kabupaten Gresik, Jawa Timur sukses menjalankan berbagai program kerja.

KKN kelompok 26 UISI merupakan bimbingan dari Luki Trihardani, S.T., M.T., Ph.D., yang beranggotakan Nur Rizqi Syaifullah Ibrani (Manajemen), Nurul Aulia Rahma (Manajemen), Reksa Arsilia (Manajemen), M. Puji Sampurno (Manajemen Rekayasa), Rida Ayu Mustika S.(Akutansi), dan Fany Indah W. (Informatika).

Kegiatan KKN yang di awali dengan melakukan survei pada hari Jum’at (24/05/2024) dan Sabtu (25/05/2024) ini, mengusung program kerja (proker) utama terkatit pembenahan lingkungan, antara lain seperti POMO (Pentingnya Olah Masalah Organik), GSOS (Gerakan Sadar Olah Sampah), KBAJ (Kantong Belanja Asik Juga).

Dalam pelaksanaannya, selain memberikan sosialisasi secara mandiri, KKN 26 UISI bekerjasama dengan kelompok lingkungan Kecamatan Benjeng mendatangkan pemateri dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) setempat. Hal ini dilakukan untuk mendukung dan memudahkan dalam memberikan pemahaman mengenai materi yang disampaikan.

Selain proker utama tersebut, KKN 26 UISI juga melakukan kolaborasi dengan berbagai kalangan masyarakat setempat melakukan berbagai kegiatan bersama meliputi bidang pemberdayaan masyarakat, pendidikan, lingkungan, dan olahraga.

Dalam hal pemberdayaan masyarakat, KKN 26 UISI bekerjasama dengan ibu-ibu ibu-ibu Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Desa Munggugianti melakukan berbagai kegiatan seperti seperti tes kesehatan, posyandu lansia hingga posyandu binaan.

Sedangkan di bidang pendidikan, KKN 26 UISI juga bekerja sama dengan pihak SDN 114 Gresik dengan memberikan pendampingan pada saat kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) dan memberikan pelatihan videografi sebagai penunjang kegiatan pembelajaran dan pelaporan kinerja dewan guru kepada dinas tekait.

Selain program-program tersebut, KKN 26 UISI juga aktif membantu Pemerintah Desa (PEMDES) Munggugianti dalam mengikuti kegiatan-kegiatan yang diadakan oleh PEMDES mulai dari pembagian Bantuan Langsung Tunai (BLT), musyawarah desa, pembahasan Sustainable Development Goals (SDGs), serta menjadi panitia turnamen tenis meja CNN Cup 2024 se Jawa Timur.

Luki Trihardani, S.T., M.T., Ph.D., selaku Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) KKN Kelompok 26 UISI sangat mendukung dan menyampaikan harapannya.

“Kerja keras, kreativitas, serta inovasi untuk menciptakan kedekatan dengan warga terbukti mampu menggalang kerjasama yang solid. Hasilnya, tidak hanya respon positif, tetapi warga desa juga turut berpartisipasi serta merasa memiliki berbagai proker KKN,” ungkap Luki.

“Saya yakin inisisasi yang dilakukan secara kontinu bisa membawa perubahan yang lebih besar lagi. Tetap semangat !!!,” tutup Luki.

Kontributor : Nurul Aulia Rahma
Editor : Haya Azzura Rasya

Post a Comment

Berikan Komentar Anda

Previous Post Next Post