Mahasiswa MBKM FIKOMM UMBY Sosialisasi Pembentukan Komunitas Kelompok Tani Dusun Jurang

dilamedia.com, Mahasiswa MBKM FIkomm Community Service Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) membantu pembentukan komunitas tani secara resmi di Dusun Jurang, Tanjungsari, Windusari, Mgelang, Jawa Tengah pada hari Jum’at (7/06/2024) lalu.

Kegiatan dilakukan dengan mengumpulkan beberapa petani yang aktif dalam musyawarah di Dusun Jurang dan beberapa anggota karang taruna, yang selanjutnya tim pengabdian kepada masyarakat (PkM) kemudian membantu pembentukan struktur kelompok tani secara resmi.

Tujuan dari pembentukan komunitas tani ini agar nantinya dapat dijadikan sebagai sarana dalam mengembangkan potensi pertanian di Dusun Jurang. 

Abdul Jafar, selaku kepala dukuh mengaku sangat terbantu dengan adanya strukturisasi yang dilakukan oleh Mahasiswa MBKM FIkomm Community Service UMBY.

Struktur tani ini terdiri dari ketua, sekretaris, bendahara, dan seksi lainnya.

Ketua Kelompok Tani Dusun Jurang yang saat ini menjabat yaitu Mansyur dengan sekretaris Muhammad Asrof dan bendahara Abdul Japar.

Struktur ini dipilih berdasarkan musyawarah Bersama para petani sehingga dapat dipastikan bahwa yang telah terpilih merupakan orang-orang yang memang sudah dipercaya.

Pembentukan struktur ini juga dibantu oleh karang taruna sebagai pendukung berjalannya kelompok tani Dusun Jurang. Karena pada prosesnya, keberadaan karang taruna disini membantu stabilitas dalam aktivitas kelompok tani.

Peran karang taruna ini khususnya pada digitalisasi, yang mana hal ini sangat penting pada era yang modern saat ini. Misalnya pada pemasaran hasil tani cabai, pembelian dan penjualan bibit-bibit cabai, dan hasil UMKM lainnya.

Penulis : Dhea Octavia S, Dinda Jatiasih A, Cicilia Selita D, Fahri Rafif A, Wahyu Bagus H, dan Azhfar Farza M.
Editor : DnD

Post a Comment

Berikan Komentar Anda

Previous Post Next Post